Minggu, 28 Februari 2010

Mewujudkan Legenda Hidup


”Mimpi dan kerja keras adalah pasangan hidup yang tak dapat dipisahkan untuk mewujudkan legenda hidup..” (Suminaring Prasojo, dalam novel Sang Pelopor karya Alang-Alang Timur)


Sebuah petikan yang sarat makna dan semakin mengukuhkan bahwa keberadaan kita di semesta ini adalah perjuangan untuk meraih keinginan. Untuk mencapai puncak mimpi, salah satu jalan yang ditempuh yakni dengan kerja keras. Bermimpi saja tanpa berupaya apapun, bagaikan pungguk merindukan bulan. Sayangnya, tak banyak orang yang sadar akan hal itu.

Kehidupannya lebih banyak diisi untuk hal-hal yang tidak berguna. Waktu yang diberikan Tuhan dihabiskan tanpa makna. Ketika apa yang diinginkan tidak tercapai, menyalahkan nasib.

Sebelum itu terjadi pada diri kita, ayo kita segera bangkit dan mewujudkan mimpi!! Me-manifestasikan harapan-harapan kita dalam karya nyata. Meng-kolaborasikan seluruh kekuatan yang kita miliki; Integritas diri, kemampuan komunikasi, keramahtamahan dan sikap pantang menyerah bersama doa yang tak henti kita baitkan pada sang pemilik kehidupan.

Memang, tidak mudah untuk mewujudkan keinginan kita. Jika tidak dilandasi keinginan dan semangat yang kuat. Tetapi sekali lagi, jika hati kita sudah berniat, maka apapun tak ada yang mampu menghalangi. Bahkan bila diibaratkan, meski petir menyambar, kita tidak akan surut selangkah. Mengingatkan pada semboyan sakti yang diucapkan para pejuang dari tanah Surabaya, ”Rawe-rawe rantas malang-malang putung.”

Untuk menuju niat dan semangat yang terjaga, hati dan pikiran kita seyogyanya ”bersih” dan penuh ikhlas. Bersih berarti tidak terkontaminasi keinginan-keinginan negatif dan selalu dilandasi kemauan untuk memberikan yang terbaik bagi diri sendiri dan manfaat bagi orang lain.

Selain itu, untuk menjaga konsistensi cita-cita kita, tak ada salahnya kita memilih lingkungan yang beratmosfer positif. Diakui atau tidak, komunitas yang baik dapat memberikan pengaruh yang baik pula bagi kita. Bergaul dengan teman-teman yang saling menginspirasi dan memotivasi membuat semangat kita tak pernah redup. Bahkan jika memungkinkan untuk berkompetisi dalam mencapai keinginan. Tak ada salahnya dalam pertemanan maupun persahabatan, sekaligus saling bersaing untuk kemajuan kualitas hidup. Kompetisi disini berarti saling memberikan dukungan dan spirit untuk meraih keberhasilan.

Mimpi dan keinginan yang kita miliki sebaiknya selalu kita ingat dan ucapkan setiap saat. Kenapa? Agar cita-cita kita semakin mengkristal dalam kehidupan kita. Jangan pernah selangkah pun surut untuk mewujudkan semua harapan. Percayalah, bahwa apapun yang kita inginkan satu saat nanti akan tercapai. Selalu meyakinilah, bahwa Tuhan akan selalu menyertai siapapun yang memiliki harapan. Tunggulah, satu hari nanti kita akan menikmati perjuangan kita. Serta meyakini tidak ada perjuangan dan pengorbanan yang sia-sia di mata Tuhan.



Tulisan ini juga di posting di site www.teraskatacristal.multiply.com

0 comments:


Blogger Layouts by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Landscapes Design